Cara Instalasi Laravel 5.4 di Windows dan Ubuntu/Linux

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengetahuan tentang Laravel 5. Apa itu Laravel? Laravel merupakan sebuah framework yang terbilang sering digunakan untuk web development di PHP. PHP di Laravel ini memang terbilang lebih singkat dibandingkan dengan yang lain. Dan umur Laravel ini pun masih baru, meskipun sekarang sudah mencapai versi 5.

1. Instalasi di Windows OS

Instalasi Laravel terbilang mudah dibandingkan dengan distro Linux . Sebelum instalasi Laravel ini ada beberapa syarat yang harus dan wajib ada di PC/Komputer Anda, yaitu XAMPP karena paling mudah memang menggunakan XAMPP yang sudah membundle web server lainnya.

Lalu sesudah anda menginstal XAMPP silahkan download juga Composer di getcomposer.org

Pada gambar terlihat lokasi php yang sudah saya instal, silahkan atur sendiri lokasi php yang anda instal sebelumnya.

Setelah selesai instalasi silahkan cek composer anda

Jika sudah seperti itu berarti composer anda sudah terinstall. Langkah selanjutnya yaitu instalasi Laravelnya. Pertama buka terlebih dahulu folder htdocs, lalu tekan SHIFT+Klik Kanan Mouse di dalam folder tersebut, nanti akan muncul tulisan "Open command windows here"


Setelah membuka cmd, silahkan ketikkan perintah berikut untuk instalasi Laravel versi terbaru:

composer create-project laravel/laravel --prefer-dist

Tampilan saat proses download akan terlihat seperti ini;

 Ketika selesai, silahkan ubah nama folder laravel sesuai keinginan Anda. Perlu di ingat, instalasi Laravel ini membutuhkan koneksi internet. Dan jika anda ingin instalasi ulang Laravel tinggal ketik ulang perintah di atas.

2. Instalasi di Distro Linux

Instalasi Laravel di Linux memang terbilang cukup lumayan rumit, tetapi jika anda sudah terbiasa dengan Linux ya tidak perlu di khawatirkan. Dan sebelumnya anda harus menginstall terlebih dahulu XAMPP untuk linux ya atau di linux disebut LAMPP. Contoh saya mengintal XAMPP/LAMPP di directory /opt/lampp.

Disini saya menggunakan PHP dan Curl yang terdapat pada bundelan lampp yang sudah terinstall.  Tapi PHP dan Curl tersebut masih belum terdeteksi oleh sistem linux saya, namun apabila Anda sudah mempunyai LAMPP di linux anda silahkan lewati langkah ini ya.

1. Untuk yang belum punya PHP dan Curl silahkan ketikkan perintah berikut di terminal
$ sudo update-alternatives --install "/usr/bin/php" "php" "/opt/lampp/bin/php" 1
$ sudo update-alternatives --install "/usr/bin/curl" "curl" "/opt/lampp/bin/curl" 1
2. Instalasi Composer, ketikkan perintah berikut di terminal Anda
$ curl -ksS https://getcomposer.org/installer | php
$ sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer
 3. Nah sekarang kita ke tahap instalasi laravel nya, silahkan pindahkan dulu terminal anda ke directory htdocs nya (sesuaikan dengan lokasi anda menginstal lampp tadi) lalu ketikan perintah berikut untuk instalasi laravel terbarunya
composer create-project laravel/laravel --prefer-dist
setelah selesai  silahkan ganti nama folder Laravel anda sesuai keinginan anda, perlu di ingatkan lagi, instalasi Laravel ini membutuhkan koneksi internet.

4. Nah langkah terakhir di linux adalah mengubah permissionnya, ketikkan perintah berikut (direktorinya sesuaikan dengan direktori tempat anda menyimpan folder laravel anda)

chmod 777 -R laravel/app/storage

Selesai, silahkan membuat proyek sesuai yang anda inginkan di laravel.

Posting Komentar

0 Komentar