Kotlin vs Java. (Source: codepolitan.com)

Aplikasi Android semakin berkembang seiring dengan perkembangan waktu. Para pengembang mencari cara baru untuk meningkatkan aplikasi mereka dalam hal kegunaan dan stabilitas. Setelah Java, perusahaan mengadopsi Kotlin pada tingkat yang mengesankan.

Tidak seperti Java dan bahasa lain, Kotlin adalah bahasa yang cukup baru. Ini dikembangkan menggunakan Java dan C++. Kotlin merupakan bahasa pemograman open-source tingkat tinggi, saat ini sedang mentargetkan Java dan JavaScript. Ini banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi Android.

Kotlin berjalan pada JVM dan menggunakan infrastruktur kompiler LLVM. Ini memeceahkan banyak masalah yang dihadapi pengembang Java sebelumnya. Kotlin dipengaruhi oleh beberapa bahasa populer seperti Scala, Groovy, Gosu, dll. Pada dasarnya, Kotlin menggunakan kelas Java yang ada untuk menghasilkan bahasa yang luar biasa.

Mengapa Anda Lebih Memilih Kotlin daripada Java?

Kotlin dikenal dengan keamanan kode, clarity dan khususnya kemampuan interoperabilitas. Anda dapat memanggil Java kapan saja saat menulis kode di Kotlin. Ini sangat bagus dengan feature-packed IDE dan dukungan tools. Anda bahkan dapat menggunakan fungsi ekstensinya untuk membangung API yang bersih. Jadi, mari kita lihat beberapa keunggulan Kotlin dibandingkan dengan Java.

1. Dukungan Untuk Pemograman Fungsional

Ketika seorang pengembang mulai mengerjakan proyek pengembangan perangkat lunak atau aplikasi, ia biasanya memiliki daftar tugas yang harus dilakukan dan target yang harus diselesaikan.

Dengan Kotlin, mereka dapat memecahkan masalah dengan lebih mudah dan cepat. Ini dikarenakan memiliki dukungan yang lebih baik untuk pemograman fungsional (daripada Java) yang memungkinkan pengembangan untuk menggunakan konsep fungsi yang lebih ringkas. Ini tidak hanya akan meningkatkan kinerja tetapi juga membantu pengembang untuk mempertahankan konsistensi.

2. Bahasa Kotlin Sangat Ringkas

Lewat sudah hari-hari ketika para pengembang harus menulis halaman kode untuk mencapai beberapa fungsi umum. Kotlin memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah yang sama dalam penulisan kode yang lebih sedikit. Kotlin jauh lebih ringkas daripada Java. Hal itu tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mempromosikan readability dan code maintainability.

Jika Anda seorang pengembang, Anda tidak perlu mencari lebih jauh ke dalam lautan logika dan kode untuk memecahkan bug sederhana. Dengan Kotlin, Anda dapat membaca, menulis dan mengubah kode lebih efisien. Kotlin membawa banyak fitur berguna seperti smart casts, data classes, type interference, dan lain-lain.

3. Kode Lebih Aman

Bug, kegagalan sistem dan crash aplikasi adalah beberapa hal yang membuat pengembangan aplikasi membutuhkan waktu lebih lama.

Kotlin mencegah kesalahan pemograman umum secara default dan membantu pengembang fokus pada masalah potensial dan menulis kode yang lebih baik dan kuat. Hal ini sangat mengurangi kemungkinan kesalahan menonjol yang ada pada Java.

4. Memperkecil Kode Dasar Untuk Meningkatkan Produktivitas

Pengembang sering membuat jalan pintas tertentu saat pemograman mencapai deadline. Ini disebut technical debt yang pada umumnya mengurangi produktivitas dan memperlambat pembangunan.

Kotlin membantu pengembang untuk mengurangi technical debt sampai batas waktu tertentu. Menyusutkan kode dasar dan mengingkatkan kualitas kode adalah kelebihan Kotlin. Anda akan melihat pengurangan jumlah bari kode yang ada pada proyek Anda. Hal ini membuat para pengembang lebih mudah melakukan pemeliharaan kode.

5. Mendorong Pengembangan Lebih Cepat

Tidak seperti Java, Kotlin menawarkan beberapa fitur luar biasa untuk mempercepat tugas pengembangan sehari-hari. Ini termasuk object declarations, extension functions, default parameter values, melakukan banyak pemeriksaan, menghindari kesalahan runtime, dll.

Hal ini dapat mengurangi waktu pengembangan, mengurangi kemungkinan bug dan membuat kode lebih mudah dikelola.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa alasan mengapa Anda lebih suka Kotlin daripada Java. Selain itu, Kotlin memberi pengembang kesempatan untuk mengambil keterampilan mereka ke tingkat berikutnya. Jika Anda sudah tahu Java, Anda bisa belajar Kotlin dengan mudah dan cepat. Juga, penting untuk dicatat bahwa aplikasi populer seperti Pinterest, Evernote, Courrsera, Uber, dll. telah menggunakan Kotlin. Karenanya, tidak ada salahnya Anda untuk belajar Kotlin dari sekarang.