Sudah banyak sekali cara tentang membuat Bootable USB Linux menggunakan sistem operasi Windows, tapi bagaimana bila kita ingin Bootable Windows di Linux?

Jika kamu ingin menghapus instalasi Linux dari dual boot atau kamu ingin menginstal ulang Windows sepenuhnya tapi kamu hanya menggunakan sistem operasi Linux, pastinya kamu kesulitan, karena jarang sekali software yang dapat membuat bootable Windows di Linux.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan kepada Kamu bagaimana caranya membuat Bootable USB Windows di Linux menggunakan WoeUSB. Ikuti langkah-langkahnya ya.

Apa saja yang kamu butuhkan?
1. Windows ISO (7, 8, 8.1, 10)
2. Aplikasi WoeUSB
3. Flashdisk minimal 8GB (Untuk Windows 8 dan 10)

Saya akan skip cara mendapatkan windows ISO nya ya, karena kamu pasti sudah mempunyai nya *setidaknya.

Langkah 1: Install Aplikasi WoeUSB

WoeUSB adalah aplikasi open source untuk membuat Bootable Windows di linux. Ubuntu dan distribusi linux lainnya yang berbasis Ubuntu seperti Linux Mint, elementary OS dan lain-lain, kamu bisa menambahkan PPA yang tersedia dengan mengikuti perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt update
sudo apt install woeusb

Jika kamu menggunakan distribusi linux lain, bisa mengikuti link berikut: https://github.com/slacka/WoeUSB

*Keterangan Tambahan: Jika kamu mendapatkan masalah saat menambahkan PPA, contoh: sudo: apt-add-repository: command not found. Kamu bisa menambahkan terlebih dahulu software properties nya dengan perintah berikut:

sudo apt-get install software-properties-common

Langkah 2: Format USB Drive


Sekarang kamu bisa format flashdisk, jika kamu sulit untuk mem-format USB, kamu bisa menggunakan software gparted. Instal gparted dengan perintah berikut:

sudo apt-get install gparted

silahkan unmount, dan format sesuai keinginan (ntfs, fat32, dll)

Langkah 3: Bootable Windows menggunakan WoeUSB


Buka aplikasi WoeUSB yang sudah kamu instal, lalu ikuti langkah-langkah yang sudah ada disana. Interfacenya mirip-mirip seperti rufus lah, jadi kamu tidak akan kesulitan.

Langkah 4: Selesai 

kamu bisa masuk bios dan pilih USB yang sudah kamu instal Windows tadi.

Jika kesulitan atau kurang dimengerti, silahkan komen. (Usahakan komen menggunakan komentar blogger jangan facebook biar saya mendapatkan notifikasi dari bloggernya)