Pythor adalah salah satu bahasa pemograman berorientasi terbaik di luar sana. Semua itu berkat fleksibilitas dan komunitas Developernya yang besar. Python memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah yang kompleks dalam beberapa baris kode. Entah itu Anda ingin terjun berkarir di Artificial Intelligence, Machine Learning atau Data Science, Anda akan selalu melihat Python Developer sebagai syarat yang lebih disukai daripada yang lain.

Namun, semua hal ini hampir mustahil karena kurangnya Integrated Development Environment atau yang kita sebut IDE. Jika Anda seorang programer, Anda pasti tahu betapa pentingnya memilih IDE yang tepat. Ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk menulis kode lebih cepat tetapi juga membantu dalam hal debugging. Hari ini saya akan membagikan beberapa IDE terbaik untuk Python Developers yang Anda dapat gunakan untuk membuat pekerjaan Anda lebih sederhana dan lebih mudah.

1. PyCharm


PyCharm adalah salah satu IDE open source terbaik untuk bahasa pemograman Python. Jika Anda adalah pengembang individual atau pemula, IDE ini sangat cocok untuk Anda.

Muncul dalam beberapa opsi lisensi dari open source ke versi berbayar. Anda dapat memilih lisensi apapun sesuai kebutuhan Anda. PyCharm memiliki fitur IDE yang mendukung bahasa Python dari setiap aspek.

Fitur tersebut seperti high-quality code completion, advanced debugger, code inspection, dan lain sebagainya. PyCharm juga mendukung pemograman web dan kode yang ditulis dalam SQL dan bahasa terkait database lainnya.

PyCharm bahkan memungkinkan Anda untuk memperluas fungsinya menggunakan plugin eksternal. Jika Anda sedang mengerjakan proyek besar atau hanya individual saja, Anda bisa menggunakan Version Control System Integration kapan saja.

2. Rodeo


Jika Anda mencari IDE yang ringan dan intuitif untuk pengembangan Python, Rodeo IDE sangat direkomendasikan untuk Anda.

Rodeo merupakan IDE open source yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan berbagai cara. Rodeo memiliki navigasi file visual intuitif yang memungkinkan developer dengan mudah menemukan apapun yang mereka cari.

Berbicara perihal fitur, ini termasuk dalam syntax highlighting, auto-complete dan iPython support. Rodeo ditemukan sangat berguna dalam pembelajaran mesin atau proyek ilmu data.Rodeo memiliki bagian khusus untuk tutorial yang dapat digunakan untuk pemula yang baru dalam hal bahasa Python.

3. Jupyter


Jupyter adalah IDE Open Source lain yang hadir dengan berbagai fitur canggih. Ini sebenarnya adalah aplikasi berbasis web yang mendukung lebih dari 40 bahasa pemograman.

Jupyter mendukung markdown dan memungkinkan Anda untuk menambahkan komponen HTML dari gambar ke video. Jika Anda ingin berkarier di bidang sains data, Jupyter pastinya sangat cocok untuk Anda. Anda dapat melakukan data cleaning, data transformation, numerical simulation, statistical modeling, data visualization dan masih banyak lainnya.

Anda bahkan dapat menggunakan Jupyter IDE untuk membuat dan berbagi dokumen dengan live code, equations, text, dan visual. Meskipun instalasinya sedikit rumit, namun terbayar dengan fitur yang kita dapatkan.

4. Spyder


Spyder juga merupakan IDE yang bagus untuk Python Developer. spyder datang dengan lingkungan pengembangan yang mudah digunakan. Spyder menawarkan semua alat penting seperti advanced editing, code analysis, automatic code completion, debugging dan profiling functionality. Anda bahkan bisa memperluas fitur-fiturnya lebih jauh melalui sistem plugin dan API.

Jika Anda seorang penggemar data, Spyder membawa beberapa fitur hebat untuk Anda. Ini dapat digunakan untuk explorasi data, interactive execution, deep inspection, dan visualisasi paket yang indah. Secara keseluruhan, ini merupakan IDE yang sangat baik untuk Anda.

5. Visual Studio Code


Visual Studio Code, editor text yang sangat bagus dan memiliki berbagai fitur yang sangat banyak. Jika Anda mengerjakan proyek kecil, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Text editor ini.

Dengan antar muka yang bersahabat, Visual Studio Code dilengkapi dengan fitur yang sangat permanfaat seperti syntax highlighting dan autocomplete function. Ini didukung oleh Intellisense technologi yang membuat penyelesaian kode sangat cepat. Meskipun perusahaan mengklaim ini ringan dan sangat cepat, namun ketika baru membuka Visual Studio Code ternyata butuh waktu yang sedikit lebih lama.

Visual Studio Code dilengkapi dengan terminal built-in terintegrasi tetapi tidak memiliki banyak fitur yang berguna, saya kurang merekomendasikan untuk proyek utama Anda.

Demikian beberapa IDE Open source terbaik untuk Python Developers, Anda perlu mempertimbangkannya kembali jika ingin menggunakan salah satu IDE di atas untuk proyek utama Anda.