Python adalah salah satu bahasa tingkat tinggi paling populer yang memungkinkan Anda bekerja dengan cepat dan mengintegrasikan fitur yang diperlukan dengan lebih efisien. Namun, pengkodean adalah hal yang memakan waktu dan seseorang tidak pernah dapat memastikan bahwa ia dapat menulis error-free code. Ini karena Python tidak memungkinkan Anda untuk mengekspresikan logika dalam sedikit baris kode, akan ada lebih sedikit kemungkinan dalam kesalahan. Bahkan pengembang yang berpengalaman pun menghabiskan banyak waktu untuk memperbaikin bug.

Hari ini, saya akan membagikan beberapa tools perbaikan bug terbaik untuk para pengembang Python. Tools ini  akan membantu Anda memperbaiki bug saat menulis kode dan juga menunjukkan kepada Anda wawasn tentang pekerjaan dan status pengembangan.

1. Trac

Trac adalah salah satu alat terbaik untuk pengembangan Python. Ini open-source dan dilengkapi dengan banyak fitur yang sangat bermanfaat. Ini bukan hanya tools perbaikan bug saja, tetapi juga tools ini memungkinkan Anda untuk mengelola proyek Anda pada garis waktu yang sederhana. Ini akan menunjukan semua proyek Anda saat ini dan sebelumnya untuk memberikan akuisisi yang lebih baik.

Trac sebenarnya adalah Wiki yang disempurnakan dan sistem pelacakan kesalahan untuk proyek pengembangan perangkat lunak. Trac juga menyediakan antarmuka ke Subversion dan Git (atau sistem kontrol versi lainnya) dengan fasilitas report yang sangat berguna. Selain itu, Anda dapat membuat tautan serta membuat referensi antar bug, perubahan, file, halaman wiki, dll. Ini juga memungkinkan markup wiki dalam deskripsi masalah dan pesan. Trac tersedia untuk Unix, Linux, Windows, dll.

2. Sentry

Sentry adalah tools perbaikan bug open-source lain untuk pengembangan yang memungkinkan mereka menemukan dan memperbaiki bug secara real-time. Tools ini tidak hanya mendukung python, tetapi juga beberapa bahasa populer lainnya seperti Ruby, JavaScript, Django, iOS, dll.

Karena dilengkapi dengan SDK untuk setiap framework, platform, dan bahas, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya kedalam aplikasi Anda. Tools ini memungkinkan Anda untuk melihat variabel lokal di stack untuk kesalahan prod, seperti di development environment. Anda dapat mengintropeksi lebih ke dalam runtime untuk data tambahan. Sentry juga memiliki opsi untuk memfilter dan mengelompokkan eksekusi python untuk mengurangi noise. Terakhir, Sentry dipercaya oleh beberapa perusahaan terkenal seperti Microsoft, Uber, Paypal, Reddit, dll.

3. Airbrake

Airbrake adalah tools luar biasa untuk melacak kesalahan dan perbaikan bug di Python. Ini adalah alat real-time yang terus melaporkan dan memantau kode Anda, menangkap beberapa rutinitas dan memberi tahu Anda sebelum pengguna terpengaruh oleh bug tersebut. Alat ini memungkinkan Anda untuk menerima peringatan baik di Github, Jira, Slack atau melalui email.

Airbrake sangat sederhana, mudah untuk di instalasi dan dapat di akses melalui aplikasi web yang di optimalkan untuk seluler. Selain Python, Airbrake juga mendukung bahasa seperti PHP, Ruby, .NET, JavaScript dan masih banyak lagi. Tools ini dilengkapi dengan beberapa fitur keren untuk meningkatkan produktivitas seluruh tim. Ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi, memprioritaskan triase, dll dengan kustom integrasi workflow.

4. Rollbar

Rollbar adalah tools tracking error yang bagus untuk orang-orang yang mencari pemantauan lengkap atas produk atau layanan mereka setelah pengembangan. Alat ini akan mengirim Anda pemberitahuan secara instan setelah kesalahan terjadi.

Hal terbaik tentan tools ini adalah secara otomatis mengkelompokkan kesalahan yang sama bersama-sama dengan menggunakan teknologi sidik jarinya. Rollbar memastikan bahwa Anda akan menerima semua detail sehingga Anda dapat mengevaluasi dampak dan menetapkan prioritas. Ini akan memberikan parameter permintaan, nilai variabel lokal, browser, IP, dll.

Berbicara tentang bahasa, Rollbar juga mendukung Django, Ruby, JavaScript, Android, Clojure, dll. Rollbal adalah alat terpercaya oleh perusahaan seperti Uber, Salesforce, Heroku, dll.

5. Raygun

Raygun juga merupakan alat manajemen bug yang baik yang melacak kesalahan yang datang dari perangkat lunak Anda. Raygun sangat sederhana, mudah dan membantu Anda mendiagnosis dan meyelesaikan masalah yang dialami pengguna. Ini mendukun gberbagai bahasa dan platform seperti Python, iOS, Android, PHP, .NET, Java, dll.

Anda cukup menambahkan Raygun ke dalam lingkungan pengujian, pengembangan dan produksi Anda dan melihat kesalahan dan setiap maslah kinerja lainnya yang berdampak negatif bagi pengguna Anda. Ini mendukung hampir setiap alat populer seperti GitHub, Slack, Hipchat, JIRA, dll. Raygun dipercaya oleh beberapa merek paling terkenal seperti Coca Cola, Microsoft, Azure, Dominos, dll.

Kesimpulan

Diatas merupakan beberapa tools untuk memanajemen bug terbaik yang dapat Anda gunakan untuk proyek Python Anda. Sentry adalah terbaik dan gratis yang paling sederhana. Jika Anda mencari beberapa fitur lainnya secara gratis, Anda harus mencoba Trac. Dua alat tersebut sempurna untuk perorangan, sedangkan sisanya bagus untuk bisnis kecil,menengah dan besar. Jika Anda tahu alat bagus lainnya untuk memperbaiki bug, beri tahu kami di komentar.