Jika Anda mencari situs web terbaik untuk mempelajari berbagai aspek pengembangan perangkat lunak, Anda tidak perlu membuat waktu lagi. Disini kami telah membuat daftar 6 Situs Web Terbaik Untuk Belajar Pengembangan Perangkat Lunak Secara Gratis.

1. Code Academy

Code Academy menawarkan tutorial tentang berbagai bahasa pemograman. Situs web ini menyediakan tutorial untuk para pemula dan pengembang menengah. Semua pelajaran tersedia dengan caara yang bisa Anda pahami tanpa kesulitan.

Code Academy mencakup dasar-dasar pemograman dan pengembangan seperti syntax, functions, classes, loops, dan aplikasi lainnya. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengedit dan menjalankan kode mereka langsung pada situs web tersebut. Jadi Anda tidak perlu mengunduh software tambahan untuk melakukan pengetesan program yang sedang Anda coba.

2. TutorialsPoint

TutorialsPoint adalah situs web tutorial online komprehensif untuk setiap pengembang perangkat lunak yang bercita-cita tinggi. Ini membawa topik ilmu komputer yang berbeda seperti networking, DBMS dan pemograman dalam satu atap dan pembaca gratis untuk memilih topik manapun yang mereka inginkan.

Beberapa bahasa yang dibahas secara luas dalam TutorialsPoinnt termasuk C, Java, C++, PHP, Python, Node.JS dan Perl. Ini adalah situs web yang ideal untuk seorang yang ingin memulai belajar cara membuat kode dari nol. Untuk menjadikannya lebih baik, situs ini memiliki kompiler online untuk mengedit, mengkompilasi dan menjalankan kode.

3. W3Schools

W3Schools menawarkan tutorial tentang berbagai bahasa pemograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi web. Anda akan menemukan tutorial tentang HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap, JQuery, PHP dan lain sebagainya. Apakah Anda ingin menjadi pengembang back-end atau front-end? Situs ini sangat penting untuk Anda yang ingin mempelajari itu semua.

Tutorial yang ada pada W3Schools tersedia secara gratis. Satu-satunya hal yang didapat ketika Anda bayar adalah sertifikasi. Situs ini memiliki editor bawaan yang memungkinkan Anda untuk menguji dan menjalankan kode Anda. Jadi Anda tidak perlu menginstall software apapun untuk menjalankan program.

4. Geeks for Geeks

Geeks for Geeks adalah situs web serbaguna yang mencakup semua aspek kunci pengembangan perangkat lunak. Tidak seperti situs web lain yang berspesialisasi dalam pengajaran tentang pemograman, Geeks for Geeks melatih para siswa cara bertahan di pasar kerja.

Situs web ini juga mengajarkan tentang seni pengkodean meskipun juga mencakup aspek non-teknis dari pengembangan perangkat lunak. Ini juga memiliki IDE sendiri untuk mengedit dan menjalankan kode. Anda tidak harus menginstalnya di komputer Anda. Dua bahasa yang dapat Anda pelajari dari situs ini adalah C dan Java.

5. Studytonight

Studytonight lebih dari sekedar alat pembelajaran sains komputer biasa. Terlepas dari tutorial pemograman, situs ini masuk lebih dalam untuk membahas topik-topik lain yang penting bagi seorang mahasiswa ilmu komputer.

Ketika berbicara tentang pemograman, situs ini akan mengajarkan Anda tentang bahasa CSS, C, C++, Python, Mongo dan Java. Topik ilmu komputer lainnya yang akan Anda pelajari di situs ini mencangkum computer network, sistem operasi dan pengembangan game dengan Unity. Topik di situs tercangkup dengan cara sederhana dan ramah.

6. StackOverflow

StackOverflow adalah website serba ada untuk semua masalah pemograman dan pengembangan. Apakah Anda seorang pemula di kelas pemograman atau Anda telah melakukan pengkodean selama bertahun-tahun, ini adalah salah satu situ yang akan selalu berguna untuk Anda. Secara harfiah, situs ini memiliki semua jawaban mengenai pengembangan perangkat lunak dan ilmu komputer secara umum.

StackOverflow bukan tutorial. Ini adalah forum yang hidup yang dibuat oleh para penggemar pemograman. Anggota mengajukan pertanyaan sementara pada saat yang sama anggota lain memberikan jawaban. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pemograman, disini adalah tempat Anda yang akan mendapatkan jawaban akurat yang dapat diandalkan. Satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah menjelaskan masalah yang Anda hadapi.

Kesimpulan

seperti yang sudah Anda baca, belajar ilmu komputer tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Yang Anda butuhkan adalah kemauan untuk belajar dan tentu saja disiplin. Sejauh ini, situs diatas adalah situs web terbaik untuk belajar Ilmu Komputer secara gratis.